Namun, sebelum membuka toko online, ada lima persiapan yang sebaiknya diperhatikan oleh calon pelaku bisnis online agar bisnisnya tak kalah bersaing di tengah ketatnya persaingan pasar di dunia maya yang semakin hari kian berkembang pesat.

1. Ketahui cara untuk mendatangkan pelanggan
Meskipun sekarang ini internet sudah bisa diakses dengan berbagai macam cara, namun para pengunjung toko online tidak datang begitu saja dengan mengetikkan nama atau alamat situs toko online yang Anda miliki. Karena itu, sebaiknya ketahui dari mana datangnya para pengunjung toko online Anda dan siapkan strategi pemasaran yang efektif untuk mempromosikan alamat website Anda di dunia maya.
Dalam hal ini, para pelaku bisnis toko online bisa memanfaatkan peranan Facebook, Twitter, kontak email, forum komunitas online, ataupun BlackBerry Messenger (BBM) untuk menginformasikan keberadaan situs Anda ke khalayak ramai, sehingga traffickunjungan website Anda bisa terus meningkat setiap harinya.
2. Hitung peluang terjadinya transaksi pembelian
Yang perlu diketahui para pemula maupun pelaku bisnis toko online tentunya tidak hanya cara untuk mendatangkan banyak kunjungan. Namun, mereka juga harus mulai memperhitungkan seberapa besar peluang terjadinya transaksi pembelian. Sebab, tidak semua pengunjung yang datang ke toko online Anda pasti melakukan transaksi pembelian.
Perbandingan antara jumlah pengunjung yang datang ke sebuah situs toko online dengan jumlah konsumen yang melakukan transaksi pembelian bisa disebut dengan istilah conversion rates. Menurut para pakar toko online, conversion rates yang baik berkisar antara dua sampai empat persen. Artinya, jika sedikitnya ada 100 orang yang berkunjung ke toko online Anda, maka sedikitnya ada satu atau dua konsumen yang pasti membeli produk-produk yang Anda tawarkan.
3. Memperhatikan kualitas pelayanan di toko online Anda
Setiap pembeli tentunya menginginkan pelayanan yang tepat, cepat, dan akurat. Karenanya selain memperhatikan kualitas produk, Anda juga harus memperhatikan kualitas pelayanan di toko online Anda agar para konsumen betah berlama-lama mengunjungi toko online Anda. Oleh sebab itu, usahakan untuk bisa merespon dengan cepat setiap pertanyaan maupun pemesanan dari konsumen. Terlebih lagi, di era serba internet seperti sekarang ini mindset pelanggan mulai terbiasa dengan cara pembelian yang terbilang lebih mudah. Jika website Anda memberikan respon yang terlalu lama, tidak menutup kemungkinan bila mereka memilih meninggalkan toko online Anda dan berpaling ke website toko online lainnya.
4. Godog konsep toko online Anda dengan matang
Ketatnya persaingan pasar menuntut para pelaku bisnis toko online untuk mempersiapkan konsep bisnisnya dengan matang. Hal ini penting agar bisnis Anda memiliki positioning yang kuat, agar toko online Anda mudah diingat para pelanggan. Untuk itu, sebaiknya godog konsep bisnis toko online Anda dengan matang, agarpositioning bisnis yang Anda rintis bisa terbangun dengan baik dan keberadaan bisnis Anda mudah diingat oleh masyarakat.
5. Menjawab kebutuhan para konsumen
Ketika memutuskan terjun di bisnis toko online, tentunya Anda  harus memikirkan kebutuhan apa saja yang banyak dicari para konsumen. Dengan begitu, Anda bisa menjadikan toko online tersebut sebagai salah satu solusi atas kebutuhan setiap pelanggan. Semakin banyak solusi yang Anda tawarkan, maka semakin besar pula loyalitas para konsumen.
Semoga informasi tips bisnis online yang membahas 5 Persiapan Yang Diperlukan Sebelum Membuka Toko Online ini bisa memberikan manfaat bagi para pembaca dan membantu para pemula yang sedang bingung merintis bisnis di dunia maya. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses!
Sumber : BisnisUKM