" Ya Allah, muliakan & sayangilah saudaraku ini, bahagiakan keluarganya, berkahi rizkinya, kuatkan imannya. Berikanlah kenikmatan ibadahnya, jauhkan dari segala fitnah. amiin. "

Minggu, 07 Februari 2016

4 Cara Mempercepat Booting di Windows 10

Masalah lambatnya proses booting pada Windows memang acap kali membuat pengguna sedikit kesal karena menunggu proses yang cukup lama, dan itulah yang terjadi pada teman saya ketika mengalami lamanya booting pada Windows 10 mereka (mungkin biar terlihat Uptodate dengan menggunakan Windows 10).
Kebanyakan, diantaranya lebih menyarankan untuk melakukan install ulang.
Memang sihh, cara tersebut bisa membuat sistem kembali fresh from the oven,Namun kenyataanya tidak perlu sampai melalui langkah ekstrim tersebut untuk menyelesaikan masalah proses booting, beberapa langkah dibawah ini mungkin bisa menjadi refrensi bagi kamu untuk menyelesaikan masalah tersebut.  Let’s check this out!…
Lebih Sedikit Icon Desktop Lebih Baik
Mengapa demikian?. Karena ketika log in ke Desktop, sistem akan meload semua tampilan yang ada pada desktop entah itu file/dokumen dan termasuk Shortcut (.ink), jadi jika semakin banyak Shortcut/file yang ada, maka akan lebih memakan banyak waktu bagi sistem untuk meloadnya.
Ada beberapa cara untuk menyiasatinya. Pertama kamu dapat menghapus Shortcut yang tidak diperlukan/digunakan dengan cara mendeletenya.
Kedua, kamu dapat menyatukan Shortcut dan file yang ada pada desktop pada satu folder. Dengan begitu sistem tidak perlu meload tampilan desktop terlalu lama karena hanya akan meload folder saja.

Terakhir, kamu dapat menyembuyikan icon-icon tersebut dengan cara klik kanan – View – Hilangkan centang pada ‘View desktop icon’.

Mengatur Aplikasi yang Berjalan Ketika Windows Login
Banyaknya aplikasi yang berjalan secara otomatis begitu startup juga mengambil peran cepat-lambatnya sistem booting. Untuk mengaturnya, buka ‘Task Manager’ lalu navigasi ke tab ‘Startup’.
Pilihlah aplikasi yang benar-benar kamu butuhkan ketika pertama kali membuka komputer saja, tetapi disamping itu kamu juga harus perhatian pada bagian ‘Startup Impact’. Karena, jika aplikasi yang kamu inginkan pada bagian Startup Impact tergolong ‘High‘, maka mungkin kamu harus berfikir 2x karena dapat memakan waktu booting sekitar 1 detik.
Mengaktifkan Fitur Fast Startup
Well, mungkin fitur ini sudah tidak asing lagi, karena fitur ini sudah ada semenjak era Windows 8. Fitur ini aktif secara default, tetapi jika tidak maka kamu dapat mengaktifkannya dengan cara buka Power Options, lalu pilih ‘Choose what the power button does‘.
Mengaktifkan Fast Startup, klik pada bagian ‘Change settings that are currently unavailable‘ yang terdapat pada bagian atas menu, dengan begitu maka fitur fast startup akan terbuka, centang ‘Turn on fast startup (recommended). Setelah selesai klik ‘Save changes‘ untuk menyimpan perubahan.

Scan Dengan Anti Virus Secara Berkala
Faktor lain yang menjadi penyebab lambatnya Windows 10 dalam proses booting adalah karena sistem yang terinfeksi oleh virus, malware, worm, trojan, dsb. Oleh karena itu rajin-rajinlah scan dengan software anti-virus yang ada, seperti Avast, Bit-Defender, Kaspersky atau bawaan dari Windows 10 yakni Windows Defender.
Dan ketika kamu sudah mempunyai Anti virus andalan, jangan lupa untuk selalu mengupdate versi dari AV tersebut agar sistem tetap secure dari virus.
Nah, itu dia sedikit cara yang dapat saya berikan sebagai refrensi (berdasarkan pengalaman sendiri) untuk mempercepat proses booting pada Windows 10. Bagi kamu yang memiliki tips tersendiri, jangan segan-segan untuk share via kolom komentar !

Sumber : winpoin.com

Anda sedang membaca Artikel 4 Cara Mempercepat Booting di Windows 10 Anda juga bisa menemukan Artikel Ini melaui URL berikut http://7e55.blogspot.com/2016/02/4-cara-mempercepat-booting-di-windows-10_7.html, Silahkan Copy Paste Artikel tersebut, namun jangan lupa untuk mencantumkan 4 Cara Mempercepat Booting di Windows 10 sumbernya

Artikel Terkait:

0 komentar:

Poskan Komentar

Pengunjung yang bijak : selalu meninggalkan komentar yang sopan dan tidak mengandung unsur sara ! Dengan hormat kami mohon anda untuk meninggal kan komentar untuk kami, Terimakasih.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...