" Ya Allah, muliakan & sayangilah saudaraku ini, bahagiakan keluarganya, berkahi rizkinya, kuatkan imannya. Berikanlah kenikmatan ibadahnya, jauhkan dari segala fitnah. amiin. "

Sabtu, 20 Februari 2016

Bersiaplah terhadap Gerhana Matahari Total 2016 sebulan lagi!

Gerhana matahari adalah salah satu fenomena alam yang paling ditunggu-tunggu oleh hampir seluruh umat manusia di berbagai penjuru dunia. Gerhana matahari terjadi ketika posisi bulan terletak di antara bumi dan matahari pada waktu siang hari (sesuai dengan waktu di area pengamat). Akibatnya, pengamat seolah-olah mengalami kegelapan selama beberapa saat karena sinar matahari dihalangi oleh bulan. Secara umum, gerhana matahari dapat dibagi menjadi empat jenis, yaitu gerhana matahari total, gerhana sebagian, gerhana cincin, dan gerhana hibrida. Kita tidak akan membahas secara detail mengenai karakteristik keempatnya karena dalam artikel ini kita akan membahas satu jenis saja yaitu gerhana matahari total. Gerhana matahari total adalah yang paling fenomenal dari keempat jenis gerhana matahari karena sinar matahari betul-betul dihalangi oleh bulan.

Dilansir dari akun twitter Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) yakni @infoBMKG, menginformasikan bahwa pada tanggal 9 Maret 2016 mendatang, gerhana matahari total akan melanda 45 kota di 12 provinsi di Indonesia. Badan ini memprediksi bahwa untuk bagian barat Indonesia, gerhana matahari total akan terjadi mulai pukul 06.20 WIB, sedangkan untuk bagian tengah Indonesia gerhana matahari total akan terjadi mulai pukul 07.30 WITA. Adapun untuk bagian timur Indonesia, gerhana akan terjadi mulai pukul 08.40 WIT. Dan menurut BMKG pula, orang-orang di luar 45 kota yang diprediksi, akan melihat gerhana matahari sebagian. Kurang lebih gerhana (baik total maupun sebagian) akan melanda tidak kurang dari 500 kota di seluruh Indonesia!
Gerhana matahari total 9 Maret 2016 mendatang diprediksi akan berlangsung selama lebih dari 1 jam untuk setiap area waktu. Prakiraan berakhirnya gerhana matahari total untuk setiap area waktu adalah pukul 08.36 WIB, 10.00 WITA, dan 11.24 WIT. Durasi gerhana matahari total terlama akan dialami oleh daerah Maba, Maluku Utara yaitu hingga 3 menit 19 detik. Berkaitan dengan gerhana matahari total ini, Kementrian Pariwisata akan menjadikan fenomena ini sebagai obyek wisata nasional. Salah satu spot pengamatan yang direncanakan adalah tepat di atas Jembatan Ampera, Palembang. Namun pusat Acara Gerhana 2016 akan diadakan di Pantai Terentang, Bangka.

Gerhana matahari total terjadi setiap beberapa tahun sekali. Sebelumnya, gerhana matahari total dialami Indonesia di tahun 1983, 1988, serta 1995. Dan setelah gerhana total tahun ini, Indonesia baru akan mengalami lagi di tahun 2023 dan 2042. Fenomena yang sangat langka bukan? Yuk kita tunggu sebulan lagi, siapkan peralatan pengamatanmu!

Credit: @infoBMKG, Detik, Kabar Bisnis
Anda sedang membaca Artikel Bersiaplah terhadap Gerhana Matahari Total 2016 sebulan lagi! Anda juga bisa menemukan Artikel Ini melaui URL berikut http://7e55.blogspot.com/2016/02/bersiaplah-terhadap-gerhana-matahari.html, Silahkan Copy Paste Artikel tersebut, namun jangan lupa untuk mencantumkan Bersiaplah terhadap Gerhana Matahari Total 2016 sebulan lagi! sumbernya

Artikel Terkait:

0 komentar:

Poskan Komentar

Pengunjung yang bijak : selalu meninggalkan komentar yang sopan dan tidak mengandung unsur sara ! Dengan hormat kami mohon anda untuk meninggal kan komentar untuk kami, Terimakasih.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...