" Ya Allah, muliakan & sayangilah saudaraku ini, bahagiakan keluarganya, berkahi rizkinya, kuatkan imannya. Berikanlah kenikmatan ibadahnya, jauhkan dari segala fitnah. amiin. "

Sabtu, 06 Oktober 2012

Kandungan Gizi Buah Pisang


Menurut analisis biokimia, buah pisang mengandung karbohidrat, protein, kalium, vitamin C dan vitamin E. Kandungan kaliumnya berkasiat menurutnkan tekanan darah. Vitamin C dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Vitamin E membantu mengendalikan proses penuaan kulit, sehingga kita terlihat awet muda.

Tiga kandungan pertama, yaitu karbohidrat, protein, dan vitamin, nilainya tidak banyak berbeda antara yang dipanen sebelum matang atau dipanen sesudah matang. seandainya berbeda, bukan menjadi persoalan penting karena umumnya orang makan pisang bukan untuk tujuan menambah ketiga gizi tersebut.
Jenis karbohidrat dalam pisang belum masak berupa sukrosa, sedangkan yang sudah mata berupa fruktosa yang rasanya lebih manis. Karena itu, pisang yang dipanen sebelum matang perlu menunggu proses perubahan biokimia. pisang yang dipotong terlalu muda biasanya rasa pisang menjadi kurang manis karena proses biokimianya tidak sempurna.
Kandungan kalium, vitamin C, dan vitamin E dalam pisang yang dipanen sebelum matang dengan yang dipanen setelah matang sangat mencolok. Sebagai salah satu unsur mineral esensial, kalium mempunyai sifat yang unik. Unsur ini sangat diperlukan tanaman untuk metabolisme karbohidrat dan membentuk jaringan, tetapi jika jaringannya sudah tua, unsur ini akan tertinggal di jaringan itu.
Ketika buah pisang belum matang, kalium masih aktif melakukan metabolisme karbohidrat. Jika dipanen pada kondisi ini, struktur kimia dalam jaringan buah belum mantap atau kandungannya lebih sedikit dan struktur kimianya masih labil. Namun, jika dipanen setelah buah matang, kandungannya telah banyak dan struktur kimianya telah mantap. jika kita mengonsumsi pisang matang imbon (telah diperam), maka keuntungan yang dapat diperoleh adalah buah pisang tersebut lebih banyak mengandung kalium.
struktur kimia vitamin C dan Vitamin E ketika buah belum matang masih belum mantap, sehingga kandungannya lebih rendah. bukan tidak mungkin dalam keadaan struktur kimia belum mantap ini, kedua vitamin tersebut justru terurai selama proses pematangan.
pisang juga merupakan sumber mineral dan fosfor. Miner sangat baik bagi tubuh dan sangat cocok bagi mereka yang menderi darah tinggi. Vitamin C dalam pisang umumnya lebih tinggi dari pada vitamin jenis lainnya, kecuali dalam pisang siam.
Pisang Siam mengandung zat gizi yang agak berbeda dengan jenis-jenis pisang lainnya. kandungan air dalam pisang siam lebih sedikit sehingga lebih kering. Kandungan lemak dan karbohidratnya cukup tinggi sehingga energi yang dihasilkan juga tinggi.
dikutip dari buku membuat aneka olahan pisang oleh Eddy Setyo Mudjajanto, Lilik Kustiyah
Anda sedang membaca Artikel Kandungan Gizi Buah Pisang Anda juga bisa menemukan Artikel Ini melaui URL berikut http://7e55.blogspot.com/2012/10/kandungan-gizi-buah-pisang.html, Silahkan Copy Paste Artikel tersebut, namun jangan lupa untuk mencantumkan Kandungan Gizi Buah Pisang sumbernya

Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar

Pengunjung yang bijak : selalu meninggalkan komentar yang sopan dan tidak mengandung unsur sara ! Dengan hormat kami mohon anda untuk meninggal kan komentar untuk kami, Terimakasih.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...