" Ya Allah, muliakan & sayangilah saudaraku ini, bahagiakan keluarganya, berkahi rizkinya, kuatkan imannya. Berikanlah kenikmatan ibadahnya, jauhkan dari segala fitnah. amiin. "

Sabtu, 06 Oktober 2012

Manfaat minyak ikan bagi manusia usia lanjut


Sebelumnya kita telah membahas mengenai manfaat minyak ikan untuk bayi dan orang dewasa. Saat ini kita akan membahas mengenai manfaat minyak ikan bagi manusia usia lanjut atau manula. Usia lanjut adalah usia yang paling rawan dalam hal serangan jantung dan kolesterol tinggi. Konsumsi miyak ikan dapat bermanfaat dalam pengurangan
resiko terjadinya serangan jantung. Hal ini dikarenakan kandungan lemak Omega 3 yang bermanfaat untuk memperlancar perederana darah. Darah yang lancar tentu saja membuat kinerja jantung normal sehingga denyutnya juga normal.
Selain itu, Omega 3 juga sangat penting untuk menjaga profil kolesterol sehingga berada pada level normal. Konsumsi minyak ikan yang teratur dapat mengurangi tingginya resiko penyakit akibat kolesterol. Kandungan vitamin A dan D yang ada pada minyak ikan bisa menghindarkan tubuh orang yang lanjut usia dari ancaman kebutaan akibat penyakit Age-related Macular Degeneration yang merupakan gangguan penglihatan degeneratif yang terjadi karena permasalahan usia. Kebutaan ini dapat dihindari dengan konsumsi vitamin A dan D yang tinggi, utamanya dengan minyak ikan yang dapat membantu proses perbaikan sel retina pada manusia usia lanjut.
Tambahan #1: Berapa banyak minyak ikan boleh dikonsumsi?
Mengatur dosis konsumsi minyak ikan bisa digunakan untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam manfaatnya. Anda dapat melihat aturan pakai yang ada pada kemasan untuk mengetahui dosis yang dianjurkan supaya mendapatkan manfaat minyak ikan secara maksimal. Jika minyak ikan dikonsumsi terlalu banyak (berlebihan/overdosis) maka dapat menurunkan kadar vitamin E di dalam tubuh manusia. Kelebihan takaran minyak ikan akan mengalami keracunan vitamin A dan D karena minyak ikan terbuat dari ekstrak hati ikan. Hal ini dikarenakan hati adalah salah satu bagian dimana zat-zat beracun menumpuk. Apalagi jika tempat hidup ikan yang dijadikan minyak ikan tersebut tidak sesuai dengan standar kesehatan dan higienitas.
Dosis konsumsi minyak ikan khusus untuk anak-anak dan balita yang baik per hari adalah berdasarkan berat badannya. Satu sendok teh minyak ikan per hari bisa diberikan pada anak atau balita dengan berat 10 kilogram. Hal ini berarti jika anak beratnya lebih dari 10 kilogram, takaran yang digunakan adalah satu sendok makan. Semakin berat tubuhnya maka takarannya harus disesuaikan supaya jumlah kandungan minyak ikan tersebut mampu diserap oleh tubuh seluruhnya dan semuanya mendapatkan bagian yang adil. Namun sekali lagi jangan banyak-banyak karena dapat menyebabkan hal diatas. Untuk orang dewasa lebih baik mengikuti anjuran yang ada di dalam kemasan produk minyak ikan untuk mendapatkan hasil maksimal dan tidak membahayakan.
Tambahan #2: Bagaimana menyimpan minyak ikan?
Cara penyimpanan yang tidak baik dapat mempengaruhi kualitas dan manfaat yang dihasilkan dari minyak ikan. Oleh karena itu, penyimpanan minyak ikan harus dilakukan dengan benar. Cara meyimpan minyak ikan yang benar adalah dengan wadah yang tertutup rapat dan ditempatkan di dalam tempat yang sejuk. Hal ini dilakukan supaya tidak terjadi proses oksidasi lemak yang terkandung di dalam minyak ikan. Jika terjadi oksidasi, maka kandungan dan manfaat minyak ikan akan mengalami penurunan, bahkan hilang. Selain itu, jika terlalu lama akan menimbulkan bau tengik dan bisa menjadi beracun. Oleh karena itu, kerapatan wadah harus dijaga dengan benar.
Demikan ulasan singkat kami tentang minyak ikan dan manfaatnya. Semoga bermanfaat. 
Anda sedang membaca Artikel Manfaat minyak ikan bagi manusia usia lanjut Anda juga bisa menemukan Artikel Ini melaui URL berikut http://7e55.blogspot.com/2012/10/manfaat-minyak-ikan-bagi-manusia-usia.html, Silahkan Copy Paste Artikel tersebut, namun jangan lupa untuk mencantumkan Manfaat minyak ikan bagi manusia usia lanjut sumbernya

Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar

Pengunjung yang bijak : selalu meninggalkan komentar yang sopan dan tidak mengandung unsur sara ! Dengan hormat kami mohon anda untuk meninggal kan komentar untuk kami, Terimakasih.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...