" Ya Allah, muliakan & sayangilah saudaraku ini, bahagiakan keluarganya, berkahi rizkinya, kuatkan imannya. Berikanlah kenikmatan ibadahnya, jauhkan dari segala fitnah. amiin. "

Sabtu, 06 Oktober 2012

Tips Memilih sayuran yang baik digunakan untuk menu sehat


Manfaat sayuran telah banyak kita bahas dalam artikel manfaat sayuran beberapa waktu yang lalu. Namun ragam sayuran yang luar biasa banyak menyebabkan kita bingung memilih sayuran apa yang sebaiknya kita masak. Sekarang kami akan menghadirkan beberapa jenis sayuran sehat dan cara memasaknya.

Sayuran sehat: Brokoli

Pada umumnya sayuran ini diolah dengan cara dibuat menjadi sup. Rasanya memang hambar sehingga membuat sayuran ini kurang disukai anak-anak. Kekayaan manfaat yang ada dalam brokoli tidak diragukan lagi, bahkan dinobatkan sebagai raja sayuran. Manfaat ini utamanya bagi penderita kurang darah karena brokoli mengandung zat besi. Manfaat lain dari brokoli adalah mengurangi resiko kanker, spina bifida, katarak, stroke dan serangan jantung.

Sayuran sehat: Rumput laut

Rumput laut adalah bahan baku agar-agar dan nori, yang biasa digunakan dalam banyak masakan jepang. Rumput laut dikenal sebagai sayuran yang kandungan seratnya tinggi. Konsumsi rumput laut dapat dilakukan dalam bentuk awal atau sudah olahan. Keduanya sama baik, hanya sedikit mengalami perubahan kandungan. Manfaat lain dari rumput laut adalah menghambat pertumbuhan sel kanker dan juga tumor payudara. Selain itu, rumput laut juga memberikan sensasi segar jika dikonsumsi.

Sayuran sehat: Tomat

Memang banyak yang masih kebingungan apakah tomat itu sayur atau buah, tapi tidak akan dibahas disini. Jenis makanan ini mengandung vitamin C tinggi yang dapat mengurangi rasa lelah, menghambat penurunan fungsi mata dan mengurangi resiko usus buntu bahkan menghilangkan jerawat. Tomat merupakan bahan dari berbagai masakan, mulai dari sambal, lalapan, sup dan lain sebagainya.

Sayuran sehat: Wortel

Wortel adalah satu jenis sayuran yang dapat dikonsumsi dengan berbagai macam cara. Mulai dimakan sebagai lalapan, ditumis, dicampur dalam sup, hingga dilarutkan menjadi jus. Anda bisa memilih mana yang anda sukai dan mudah dilakukan,namun cara yang paling efektif dan bermanfat adalah dengan meyajikan sayuran berwarna merah ini dengan cara di Jus. Manfaat wortel sangat besar bagi kaum wanita, yakni mencegah timbulnya kanker serviks. Peningkatan daya tahan tubuh saat mengalami keracunan makanan bisa didapat dari konsumsi wortel.

Sayuran sehat: Daun Selada

Jenis sayuran ini memang seringkali tidak menarik di dalam menu harian kita. Manfaaatnya tidak kalah dengan tomat dan wortel. Sajikan daun selada sebagai lalapan ketika anda sekeluarga mengonsumsi makanan yang mengandung lemak seperti daging dan ayam. Selada juga dapat digunakan sebagai sayur bening, yakni direbus bersama garam dan bawang merah selama beberapa menit. Manfaat selada antara lain untuk mengurangi gangguan tidur, mengurangi resiko katarak dan membantu kinerja pencernaan.
Namun anda tidak boleh mengurangi kewaspadaan meskipun sayuran memiliki banyak manfaat. Anda harus ingat bahwa ancaman pestisida selalu ada dalam sayuran. Jika anda tidak bisa menemukan sayuran organik, pastikan anda mencuci bersih sayuran yang ingin anda konsumsi supaya residu pestisida dapat larut dalam air. Bila perlu gunakan sabun khusus pencuci sayuran supaya kandungan racun dalam pestisida bisa rontok. Demikian bahasan ringan kami mengenai jenis sayuran yang sehat dikonsumsi. Semoga bermanfaat. 
Anda sedang membaca Artikel Tips Memilih sayuran yang baik digunakan untuk menu sehat Anda juga bisa menemukan Artikel Ini melaui URL berikut http://7e55.blogspot.com/2012/10/tips-memilih-sayuran-yang-baik.html, Silahkan Copy Paste Artikel tersebut, namun jangan lupa untuk mencantumkan Tips Memilih sayuran yang baik digunakan untuk menu sehat sumbernya

Artikel Terkait:

0 komentar:

Poskan Komentar

Pengunjung yang bijak : selalu meninggalkan komentar yang sopan dan tidak mengandung unsur sara ! Dengan hormat kami mohon anda untuk meninggal kan komentar untuk kami, Terimakasih.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...