" Ya Allah, muliakan & sayangilah saudaraku ini, bahagiakan keluarganya, berkahi rizkinya, kuatkan imannya. Berikanlah kenikmatan ibadahnya, jauhkan dari segala fitnah. amiin. "

Kamis, 18 Februari 2016

Fakta Tentang Tempe

Fakta Tentang Tempe ~  Tempe adalah makanan hasil fermentasi antara kedelai dengan jamur, tempe rasanya lezat, harganya murah dan mengandung banyak mafaat, didalam tempe terkandung karbohidrat, lemak, protein, serat, vitamin serta komponen anti bakteri yang bermanfaat untuk kesehatan. Tempe sering diremehkan karena identik dengan makanan murah tapi kini tempe menjadi bintang kuliner di Amerika, Jepang dan banyak negara lain dan informasi lengkap tentang tempe akan kita bahas dalam info berikut ini.
Sebagai orang indonesia siapakah orang yang tidak mengenal tempe disamping rasanya yang lezat, harga terjangkau dan mudah didapat, tempe juga mengandung unsur bermanfaat. tempe banyak di konsumsi di indonesia tapi sekarang telah mendunia, kaum vegetarian yang berada di seluruh dunia banyak yag telah menggunakan tempe sebagai pengganti daging. Ingin tahu tentang fakta-fakta tentang makanan ini ? inilah beberapa diantaranya.
1. Sejarah Tempe, tidak seperti makanan kedelai lain yang biasanya berasal dari cina atau jepang dan tempe ini berasal dari indonesia, makanan tradisional ini sudah di kenal sejak berabad abad tahun lalu terutama dalam budaya masyarakat jawa khususnya jogjakarta dan surakarta, awalnya tempe diproduksi dari kedelai hitam yang berasal dari masyarakt tradisional jawa yang dikembangkan didaerah mataram jawa tengah serta berkembang sebelum abad ke 16, kata tempe diduga berasal dari kata bahasa jawa kuno, ada zaman jawa kuno terdapat yang berwarna putih terbuat dari tepung sagu yang disebut tmpi, tempe segar yang juga berwarna putuih terlihat memiliki kesamaan dari makanan tumpi tersebut selain itu terdapt rujukan mengenai tempe dari tahun 1875, dalam
Sebuah kamus bahasa jawa-belanda, sumber lain mengatakan bahwa pembuatan tempe diawali semasa era tanam paksa di jawa, pada saatu it masyarakat jawa terpaksa menggunakan hasil perkebunan seperti singkong, ubi dan jua kedelai sebagai sumer pangan selain itu ada pula pendapat yang mengatakan bahwa tempe munkin diperkenalkan oleh para orang-orang tionghoa yang juga memproduksi makan sejenis yaitu koji kedelai yang difermentasikan, selanjtnya teknik pembuatan tempe menyebar keseluruh indonesia. Sejalan dengan peyebaran msyarakat jawa yang berigrasi keseluruh penjuru tanah air.
2. Raja Tempe Di Jepang, pria asal indonesia yang di juluku King Of Tempe di Jepang, hal tersebut di karnakan pria yang bernama Rustono ini setiap 5 hari bisa memproduksi sekitar 16 ribu bungkus  dengan kemasan 200 gr. Untuk mendukung produksi dia mengadakan kontrak kerjasama dengan petani kedelai gi Magahama di Jepang, selain masyarakat Indonesia di Jepang dan masyarakat Jepang sendiri konsumennya juga meliputi jasa boga, rumah makan vegetarian, toko swalayan, sekolah hinggan rumah sakit. berbagai gaya restoran  vegetarian di jepang yang menyajikan olahan tempe dengan berbagai benuk olahan jepang seperti mishusuri tempe dan tempura tempe serta yang paling terkenal adalah burger tempe
3. Tempe Bisa Mengatasi Sakit Maag, dan berikutnya dalah bahwa tempe bisa mengatasi sakit maag. Maag banyak dialami oleh masyarakat yang jika tidak ditangani dengan baik bisa menjadi kronis tapi ternyata ada cara mudah untuk megatasinya yaitu dengan mengkonsumsi tempe krena tempe mengandung banyak protein yang bagus dan senyawa anti inflamasi atau anti peradangan, prtein yang terkandung didalam tempe sudah siap untuk diserap oleh tubuh karena ia sudah terlebih dahulu dicerna oleh kapang atau jamur yang ada di tempe.Kapang atau jamur yang di hasilkan oleh ragi tempe bisa mengubah protein koplek kacang kedelai karena adanya perut bahan-perubahan kimia pada protein karbodrat serta lemak serta kulit kedelai yang keras menjadi lebih lembek sehingga memudahkan perut untuk mencernanya selain itu tempe juga diketahui dapat memperbaiki saluran pencernaan yang rusak serta mengtasi gangguan lambung yang kebanyakan diderita oleh penyakit maag.
4. Brownies, Tempe  oleh-oleh khas kota malang yang sangat variatif , kini  ada yang terbaru dan diburu wisatawan yakni brownies tempe yang awalnya dibuat di dapur rumah tempe bu nur, sisa-sisa penggorengan tempe yang tertiggal di penggorengan teryata dapat digunakan sebagai bahan dan campuran pembuatan brownies, selain bahan-baha brownies pada uumnya seperti mentega, telur, tepung terigu , colat bubuk dan coklat batang diberikan juga bahan dasar tepung olahan tempe serta sisa potongan dan penggorengan tempe yang membuat brownies ini berbeda dan menciptkan sensasi renyah.
Hal ini dikarenakan tempe bisa memberikan kenyamanan di lambung, ada sebagian orang yang percaya khasiat tempe akan muncul jika dimakan mentah tapi tempe ini lebih steril bila direbus atau digoreng dengan sedikit minyak .
Siapa yang menyangka bahwa olahan tempe yang awalnya hanya memanfaatkan bahan tersisa dan untuk menarik anak nya yang enggan memakan tempe karya bu nur, justru menjadi kudapan yang dicari para iwsatawan yang berkunjung kekota malang selain tidak lazim sensasi rasa tempe khas malang ternyata menggoda untuk menyantap brownies ini Itulah beberapa fakta unik mengenai tempe yang merupakan makanan tradisional lezat serta menyehatnya.
Pesan : "Makanan Bukanlah Untuk Membuat Orang Terkesan, Tapi Bagaimana Membuat Mereka Merasa Nyaman"

Anda sedang membaca Artikel Fakta Tentang Tempe Anda juga bisa menemukan Artikel Ini melaui URL berikut http://7e55.blogspot.com/2016/02/fakta-tentang-tempe.html, Silahkan Copy Paste Artikel tersebut, namun jangan lupa untuk mencantumkan Fakta Tentang Tempe sumbernya

Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar

Pengunjung yang bijak : selalu meninggalkan komentar yang sopan dan tidak mengandung unsur sara ! Dengan hormat kami mohon anda untuk meninggal kan komentar untuk kami, Terimakasih.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...